Gaya Hidup

4 Tips Agar Akun Sosmedmu Gak Direcokin Para Penjual Online

Memang tidak menyenangkan bila timeline dipenuhi status atau posting-an para pebisnis MLM dan penjual online. Terlebih jika posting-an itu mirip lontaran mitraliur. Lantas apa yang harus dilakukan? Marah, ngamuk, ngambek? Terus posting status yang mengujarkan kekecewaan dengan kasar? Oh, stop! Sebelum sampai di titik itu mari dinginkan diri dulu. Ambil segelas minuman di belakang. Lalu teguk perlahan, biar emosi mendingin. Kalau sudah dingin, yuk mari kita bahas soal ini.

Pertama, wajar nggak sih marah pada pebisnis MLM atau penjual online yang posting dagangan seperti pemburu yang sedang memberondongkan peluru pada buruannya?

Wajar saja. Tetapi, marah-marah di sosial media nggak akan menghasilkan apa-apa. Justru itu hanya akan menghasilkan olok-olok bagi Anda. Jika sudah begini yang terkena efek paling parah tentu Anda. Bukan orang lain.

Lho kok bisa? Bisa dong. Setiap kali Anda membaca komentar flaming (membakar) alias komentar yang penuh amarah dan frontal, Anda hanya akan semakin kesal. Semakin Anda defensif, semakin keras juga orang menyerang. Apa yang terjadi kemudian? Ada dua hal yang mungkin terjadi pada Anda:

1. Jatuh Mental

Membaca komentar yang pedas bisa menjatuhkan mental. Hasilnya Anda akan merasa dipermalukan. Dan Anda mulai dilanda kecemasan.

2. Stres

Gimana nggak stres? Tiap kali muncul notifikasi komentar, isinya hujatan. Satu-dua kali Anda masih bisa bertahan. Tetapi, jika ribuan ketahanan Anda akan berkurang. Anda mulai merasa situasi tidak menyenangkan. Anda bisa saja menghindar dengan cara menutup akun dan membuka akun baru. Tetapi, bisa saja orang mengenali Anda dan mengejar hingga kesana. Jika ini terjadi secara terus-menerus, efeknya Anda akan tertekan. Perasaan bahagia Anda berkurang dan mendadak hidup Anda mulai dipenuhi kemarahan.

3. Mudah terkena penyakit

Nampaknya sederhana, tetapi cemas dan stress berlebihan membawa dampak buruk bagi kesehatan. Tanpa Anda sadar daya tahan tubuh menurun saat situasi ini terjadi. Akibatnya Anda mudah diserang pernyakit semisal demam, masalah pencernaan, radang tenggorokan, bahkan tekanan darah tinggi.

Kedua, bagaimana caranya menghindari situasi macam ini? Bagi Anda pengguna media sosial, ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi situasi ini sejak awal:

1. Screening ketat

Kendali akun media sosial itu ada di tangan Anda. Anda bisa menentukan siapa yang bisa menjadi teman Anda atau tidak lewat screening ketat sedari mula. Saat ada yang add anda sebagai teman cek siapa mutual friend-nya, sekaligus isi linimasanya. Dari situ akan terlihat siapa sejatinya orang yang menambahkan Anda sebagai teman.
Jika dirasa tidak kenal dan isi linimasa terlampau banyak jualan, silakan tekan tombol “delete request”. Begitu juga jika sebaliknya. Anda memiliki banyak kenalan bersama dengan orang yang add Anda, tetapi terlampau banyak jualan, langkah “delete request” bisa dilakukan. Akan tetapi jika Anda tidak keberatan, tekan saja tombol confirm.
Gampang bukan?

2. Unfollow atau hide post jika dirasa posting teman Anda mengganggu

Setelah melakukan langkah di atas bisa saja Anda kelolosan. Anda bisa antisipasi dengan unfollow atau hide postingan jualan. Dengan cara ini Anda tetap bisa berteman tanpa repot melihat status teman yang penuh dengan jual-menjual.

3. Unfriend

Tak perlu mengeluarkan tanduk pada Mbak-Mbak MLM atau penjual online. Santai saja, ngambek hanya akan membuat runyam hidup Anda. Tekan tombol Unfriend jika dirasa akun pebisnis MLM atau penjual online itu mengganggu. Entah karena posting-annya yang macam air hujan (saking seringnya posting) atau karena inbox-nya yang kebangetan. Itu hak Anda. Dan tombolnya juga disediakan. Jadi kenapa tidak?

4. Block

Itu langkah terakhir bila teman atau orang tak dikenal ujug-ujug menjadikan Anda sebagai obyek prospeknya. Bagaimanapun ngajak bisnis (baca : prospek) itu ada adabnya. Tidak bisa muncul begitu saja demi mendapatkan downline atau temen bisnis. Langkah ini bisa juga dilakukan pada mereka yang sering nge-tag jualannya pada Anda. Sehari sampai lebih dari lima kali misalnya. Ya sekali-kali okelah, tapi kalau keseringan ya masyaAllah.
Tetapi, ada catatan khusus nih. Jika mbak-mbak MLM atau penjual online itu baik, dalam artian tahu cara beriklan cara elegan, nggak ada salahnya dibiarkan. Karena kita bisa belajar cara dia menggaet pelanggan tanpa kelihatan jualan. Siapa tahu kelak kita jualan, kita bisa menerapkan ilmu darinya.

So, jangan lagi marah-marah ya, kawan? Lakukan hal 4 tips diatas untuk kenyamanan Anda bermedia sosial.

 

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hello sahabat Indoblognet 😁 Wah, alhamdullilaah hari ini cerah, yaaa..
.
Bicara tentang content marketing, yang harus kamu perhatikan bukan hanya kualitas contentnya aja lho guys, kamu juga perlu memperhatikan apakah kontenmu sudah tepat / sesuai dengan audiensmu, dan disampaikan di waktu yang tepat pula 😉
.
#indoblognet #mbcommunication #content #tipscontent #contentmarketing #audience #qualitycontent #educational #informative

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top