Gaya Hidup

4 Etiket dalam Menjaga Kebersihan Toilet Bandara

Kebersihan toilet bisa menjadi faktor penting yang mendongkrak pariwisata. Sehebat apapun promosi wisata dilakukan jika kebersihan toilet tidak terjaga hanya akan membuat pelancong kecewa. Bau pesing, kotor, dan air yang tidak mengalir dalam toilet bisa berdampak pada kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata. Ujung-ujungnya image bagus yang sudah dibangun daerah-daerah itu menurun drastis hanya karena toilet bandaranya tidak menunjang. Tetapi, siapa yang patut disalahkan? Pihak pengelola bandara ataukah justru pengguna toiletnya yang kurang kesadaran.

Dari temuan di Bandara El Tari Kupang, justru pengguna toilet-lah yang kurang peduli terhadap kebersihan. Terbukti banyak tisu bertebaran di lantai meski tempat sampah sudah disediakan. Hal ini sangat disayangkan, terlebih yang membuang sampah golongan terpelajar. Yang notabene lebih paham etika cara menggunakan toilet di tempat umum.Β Hal ini menyiratkan dua hal. Pertama, masih joroknya pola hidup sebagian besar masyarakat kita sehingga cenderung mengabaikan kebersihan tempat dimana dia berada. Kedua, sikap menyepelekan. Mentang-mentang sudah ada petugas kebersihan, maka para pelancong itu seenaknya menyerahkan tugas bersih-bersih toilet itu pada mereka.

Namun, kebiasaan ini tak bisa lagi dipelihara. Pengelolaan kebersihan toilet bandara tak bisa diserahkan begitu saja pada pihak pengelolanya. Jika pihak pengelola sudah berusaha tetapi wisatawan (yang berkepentingan dengan toilet) cenderung tak peduli, usaha mereka pun sia-sia. Oleh karena itu diperlukan kerjasama erat antara keduanya. Agar tercipta toilet yang nyaman bagi pemakainya.

Etiket Menggunakan Toilet Bandara

Agar kebersihan toilet terjaga, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selaku pengguna sebelum memasukinya:

1. Jangan jongkok di atas kloset

Banyak orang yang entah karena jijik atau tidak terbiasa justru jongkok diatas toilet duduk. Tak hanya buruk secara etika tetapi juga dari segi kebersihan. Sebab setiap kali Anda melakukannya akan meninggalkan jejak kotor di atas kloset. Selain itu, tindakan Anda tersebut juga bisa membuat urin dan feses tumpah ke sisi lainnya, bukan ke dalam kloset. Dengan demikian Anda membuat orang lain yang datang berikutnya merasa jijik begitu melihat sisa feses dan urin berceceran.

2. Buang Tisu pada Tempatnya

Jangan buang sembarangan tisu di kloset. Terutama tisu muka atau tisu makan yang seratnya lebih kuat. Tisu jenis ini justru bisa membuat kloset tersumbat. Akibatnya kloset tidak bisa digunakan di kesempatan berikutnya. Bila ini terjadi butuh waktu untuk memperbaikinya. Efeknya bilik yang bisa digunakan untuk buang air kecil atau besar dalam toilet berkurang dan antrian pun jadi memanjang. Kalau sudah demikian, bisa dipastikan Anda harus menunggu lebih lama untuk menuntaskan hajat Anda. Silakan buang ke dalam kloset jika jenis tisunya adalah tisu toilet. Tisu jenis ini mudah hancur dengan air dan tidak menyumbat kloset.

3. Tekan tombol Flush

Jangan lupa tekan tombol flush kalau sudah selesai menunaikan hajat. Ini penting agar kebersihan kloset terjaga. Akan menjadi pengalaman tidak menyenangkan bagi pengguna berikutnya jika masih terdapat sisa feses atau urin didalamnya. Selain tidak baik dari segi kesehatan, hal ini juga bisa menyebarkan kuman.

4. Menjaga sanitasi dimulai dari diri sendiri

Jangan tunggu orang lain yang melakukan, semisal petugas kebersihan. Mulailah dari diri sendiri. Setiap kali menggunakan toilet, pastikan barang pribadi yang sudah selesai digunakan seperti tisu atau pembalut dibuang ke tempat sampah. Bukan ke dalam kloset. Jika tanpa sengaja membuat noda segera bersihkan kembali dengan tisu kering lalu cuci tangan dengan air. Jangan biarkan benda-benda itu tergeletak di lantai toilet. Selain mengganggu pandangan, dari segi kesehatan juga kurang.

Itu tadi empat etiket penting menggunakan toilet bandara. Semoga bermanfaat bagi Anda, terutama yang gemar melancong ke berbagai tempat wisata. Bagaimanapun juga ketika toilet bersih, Anda juga yabng menikmatinya.

 

 

Image source: pixabay.com

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys πŸ˜„
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 πŸ˜†
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww πŸ˜‹ Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top