blog

31 Ide Artikel Blog yang Bisa Dieksekusi Setiap Bulan

31 Ide Artikel Blog yang Bisa Dieksekusi Setiap Bulan

Ada kalanya kita kehabisan ide untuk menulis. Artikel ini akan membantumu mendapatkan ide menulis dengan mudah, coba 31 ide menulis artikel berikut ini.

Bagikan Jika Bermanfaat

Masih saja kekurangan ide artikel blog setiap bulannya? Tip-tip mudah mendapatkan ide artikel yang sudah dibahas sebelumnya masih belum bisa menyalakan lampu di atas kepala?

Tenang, berikut ada 31 ide artikel blog yang bisa teman-teman pakai, dan eksekusi setiap bulan. Yes, setiap bulan karena ide artikel ini dibuat supaya bisa menjadi cerita yang berbeda setiap bulan. Jadi, mau one day one post setiap bulan dengan diulang juga bisa. Tinggal diganti saja angle penulisan dan fokus topiknya.

31 Ide Artikel Blog yang Bisa Dieksekusi Setiap Bulan

Tip Menulis Artikel Evergreen yang Akan Mendatangkan Traffic Stabil

  1. To do list bulan ini
  2. Kurasi artikel blog favorit teman-teman bloger yang lain selama sebulan (bisa pilih 5 – 7 artikel)
  3. People to follow (Twitter / Pinterest / Instagram / Facebook Page)
  4. Interview dengan seseorang yang sangat menginspirasimu
  5. Bahas salah satu FAQ yang berhubungan dengan niche blog ataupun bidang yang paling dikuasai
  6. Kumpulan resource, misalnya aplikasi Android, atau tool apa pun yang bisa direkomendasikan yang berhubungan dengan niche atau topik blog.
  7. Review; bisa review buku, film, lagu, acara, event kota, dan lain sebagainya yang ada di bulan tersebut.
  8. Cerita sukses, bahkan dalam hal kecil pun kadang kita bahagia banget kalau berhasil melakukannya, bukan? So, kenapa enggak di-share di blog? Meski”hanya” berhasil memanfaatkan Google Search Console dengan baik, misalnya. 😀
  9. Cerita kegagalan, yang bisa dibuat semi curcol.
  10. Pekerjaan rumah terbesar bulan ini buatmu, barangkali ada beberapa pekerjaan atau tugas yang terpending dan diniatkan untuk diselesaikan bulan ini?
  11. Surat untuk masa lalu, misalnya pada diri sendiri 10 tahun yang lalu. Bisa diganti waktunya, mungkin 5 atau 3 tahun yang lalu. Atau mungkin malah untuk diri sendiri saat berusia 8 tahun? Nggak cuma untuk diri sendiri. Bisa juga untuk orang lain, misalnya untuk sahabat kecil.
  12. Surat untuk masa depan, misalnya diri sendiri 10 tahun mendatang. Ini juga bisa diganti, disesuaikan. Sama seperti ide no. 11 di atas.
  13. Menanggapi artikel blog milik teman. Misalnya jika ada yang menarik dan memancing banget untuk ditanggapi, ya kenapa enggak ditanggapi dalam bentuk blog post juga kan?
  14. Bikin giveaway. Konten seperti ini lumayan banget untuk nge-boost engagement lo. Coba aja bikin sebulan sekali, dengan hadiah kecil yang lucu. Misalnya males repot, hadiah pulsa pun oke tuh.
  15. Profil orang terkenal yang menginspirasi. Misalnya kalau kita mengidolakan Vicky Prasetyo, ya kenapa enggak angkat profilnya di blog? Banyak sumber yang bisa didapat pastinya. Plus jangan lupa, tambahkan mengapa mengidolakan beliau.
    (((beliau)))
  16. Lontarkan pertanyaan. Ini kayak fitur Instagram Stories yang Ask Me Question itu lo, hanya saja ditulis di blog. Minta pembaca untuk menanyakan apa saja mengenai diri kita, kegiatan ngeblog kita, atau bidang yang kita kuasai. Lalu langsung berikan jawabannya.
  17. Membahas mitos. Barangkali ada mitos-mitos menarik seputar kegiatan yang kita lakukan, atau yang berkembang di daerah kita. Bisa juga tuh dibahas di blog. Jadi ini semacam “the truth about ….”
  18. Thing to do before you … Kalau kebanyakan sih misalnya, “Things to do before you die”. Ini juga bisa macem-macem sih. Semacam bucket list liburan juga bisa, atau daftar kuliner yang pengin banget dicoba. Atau semacam nazar juga bisa.
  19. If I were a …. Bukan, ini bukan lagunya Beyonce itu. Tapi sebuah postingan yang berisi pengandaian diri kita menjadi orang lain; apa yang akan kita lakukan dan bagaimana mengatasi misalnya jika ada permasalahan. Misalnya, “If I were an editor, maka aku harus belajar A, B, C, D, … supaya bisa menjadi editor yang baik.”
  20. One day in your life as a …. Nah, artikel ini akan bercerita satu hari dalam kehidupan kita. Misalnya, kita sebagai orang tua dari anak berkebutuhan khusus, atau kita sebagai pekerja sosial di sebuah LSM. Nggak perlu yang wah banget juga sih, misalnya saja, one day in my life as a Jakartan, juga bisa tuh. Hehehe.
  21. Hal apa yang pengin dipelajari? Misalnya ini dibikin target untuk bulan ini ataupun bulan depan. Contohnya, kebetulan bulan ini saya punya kamera baru, jadi saya pengin belajar teknik fotografi yang basic dulu deh bulan depan. Nah, seterusnya bisa ditulis juga deh, ilmu apa saja yang didapat selama belajar itu. Mayan kan, bisa jadi artikel evergreen lo yang begini ini.
  22. List of favorite …. (music/movies/shows/articles) bulan ini.
  23. Gangguan paling bikin frustrasi bulan ini. Dan, jangan lupa, lengkapi juga dengan solusi.
  24. What scares you the most right now. Apa sih yang membuatmu takut atau khawatir banget sekarang
  25. Childhood memories. Duh, ini biasanya jadi bikin kita bernostalgia gila nih. Nggak cuma bagi penulis, tapi juga buat pembaca.
  26. Beberapa hal baru yang baru kamu pelajari atau alami bulan ini. Bisa dibikin dalam bentuk listicle, dengan jumlah 5, 7 atau 9 nih.
  27. Mistakes of the month. Kesalahan yang bikin kita belajar, pastinya ya. Berikan insight yang mendalam mengenai kesalahan ini.
  28. Apa goals kita di bulan depan? Ketimbang bikin resolusi tahunan–yang berpeluang besar untuk segera dilupakan–mendingan membuat program bulanan deh. Pas banget dengan postingan poin 21 di atas, salah satunya kan?
  29. Menanggapi topik yang lagi trending bulan ini. Perceraian Gading-Gisel barangkali? 😆
  30. Tell about your other hobbies. Punya hobi selain ngeblog? Nah, tulislah.
  31. Apa definisi “perfect day” untukmu saat ini? –Ya, biasanya sih akan berubah seiring mood dan kondisi kan?

Nah, sudah 31 ide artikel blog yang bisa dipakai nih. Mau mulai dari yang poin berapa, terserah. Bebas. Kalau sudah memutuskan, menulislah dengan rasa bahagia.

Selamat nulis!

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regran_ed from @greenpramukasquarejakarta -  GET READY FOR THIS!

INSTAGRAM PHOTO CONTEST📣📣📣 Hi GP Squad, bertepatan dengan hari jadi Green Pramuka Square yang ke-2 pada 22 Desember 2018 mendatang kita akan bagi-bagi hadiah. Salah satunya lewat "Amazing Photo Contest" yang akan dibagi menjadi 2 kategori: Selfie/Wefie dan Food Photography. Periode lomba 23 November - 15 Desember 2018.

Mau tahu mekanismenya seperti apa, simak di bawah ini: 
1. Untuk kategori selfie/wefie, kamu bisa memanfaatkan area atau spot GPS. Boleh saat sedang berbelanja, makan atau nonton
2. Untung kategori Food Photography, kamu bisa memanfaatkan tenant restoran di GPS. Dan jangan lupa harus diberi keterangan atau hastag nama menu makanan dan restorannya, ya!
3. Follow akun socmed GPS (FB, Twitter dan IG) @greenpramukasquarejakarta
4. Upload foto kamu dengan mention ke IG kita, dan ajak 5 orang teman kamu buat ikutan
5. Biar keikutsertaan kamu makin afdol, jangan lupa kasih hastag #greenpramukasquarejakarta #2thnGreenPramukaSquare dan #amazinggreenpramukasquare
6. Akan dipilih 3 orang pemenang dengan foto dan caption menarik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1 Rp 1.000.000
Juara 2 Rp  750.000 
Juara 3 Rp  500.000

Dan dari semua hadiah yang menanti, akan ada Grand Prize berupa Smartphone XIAOMI REDMI 6 dan 5 buah bingkisan menarik untuk hadiah hiburan. Yakin nggak mau ikutan? Kita tunggu foto-foto ciamik kalian, GP Squad.

Swipe left, for more info!

#amazingphotocontest #selfiecontest #wefiecontest #foodphotography #2thngreenpramukasquare #2ndanniversary #greenpramukasquare #greenpramukasquarejakarta - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top