Menulis Yuk

3 Wisata Rohani di Seputar Jawa Tengah

“Kok marah-marah terus, kurang piknik ya” Teguran setengah bercanda sering kita dengar belakangan ini. Piknik memang menjadi salah satu kebutuhan hidup. Meski bukan tergolong kebutuhan pokok seperti sandang, pangan dan papan tetapi rekreasi, wisata, piknik tetap penting untuk keseimbangan dan kesehatan. Berwisata layaknya mengambil jeda sejenak dari kesibukan. Agar pikiran dan jiwa terasa lebih segar, tidah mudah suntuk, lebih mampu mengelola emosi, tidak gampang stress maka piknik ke suatu tempat sangatlah tepat untuk meredakan penat.

Namun sebagian orang berpendapat bahwa stress dan gelisah itu bukan karena kurang piknik melainkan kurang ibadah. Iyaaa jangan salah ibadah itu juga wisata hati alias wisata rohani. Berdzikir, meditasi, membaca kitab suci itu juga cara untuk menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk duniawi. Tapi jangan salah loh ya, rekreasi ke tempat-tempat wisata juga bisa bermakna ibadah jika menikmati udara segar pegunungan, belaian angin laut sepoi-sepoi, indahnya panorama alam kemudian menimbulkan rasa kagum dan syukur yang mendalam pada Sang Pemilik Kehidupan. Sebab ibadah bukan selalu dalam bentuk ritual, segala hal baik yang dilakukan dan niat murni karena ketaatan kepada Tuhan bisa terhitung sebagai ibadah.

Nah, bagaimana kalau menggabungkan wisata sekaligus ibadah. Kenapa tidak? Mix bussiness with pleasure bisa kok mengapa tak bisa memadukan wisata dengan ibadah. Salah satunya jalan-jalan di seputar Jawa Tengah terutama Semarang sekitarnya. Tiga obyek wisata rohani ini bisa menjadi pilihan menenangkan diri sejenak dari kesibukan yang memeras tenaga dan otak. Mengapa saya memilih tiga obyek ini? sebab saya dan keluarga pernah menyempatkan mampir kemari saat berkunjung ke rumah saudara di Demak dan menemukan obyek dan hal-hal yang unik, menarik, instagrammable.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid kebanggaan warga Jawa Tengah ini dibangun di atas lahan 10 hektar dengan bangunan utama yang digunakan sebagai tempat sholat seluas 7669 meter persegi. Masjid ini terkenal dengan keunikan gaya arsitekturnya yang merupakan perpaduan Jawa, Arab dan Romawi. Satu obyek yang paling menarik perhatian adalah payung raksasa yang menyerupai payung raksasa Masjid Nabawi. Payung ini hanya dikembangkan di jam-jam tertentu untuk melindungi jamaah dari terik matahari. Pilar-pilar mirip pilar Colloseum zaman Romawi berdiri megah di bagian depan. Di sepanjang tembok yang melingkar hiasan kaligrafi nan indah. Kami mampir di hari Jumat sehingga masjid tampak ramai dipenuhi para musafir yang menunaikan sholat Jumat. Keunikan Masjid Agung ini tidak hanya dari arsitekturnya namun juga adanya Menara Asmaul Husna yang bisa dikunjungi hingga ke bagian puncak untuk melihat Jawa Tengah dari ketinggian. Sayang karena keterbatasan waktu kami hanya berkesempatan sholat kemudian kembali ke Demak.

img_6507

2. Masjid Agung Demak

Masjid bersejarah ini dibangun atas kesepakatan para wali. Keagungan masjid Demak tampak pada arsitektur khas Jawa dan pilar-pilar dari kayu besar. Indah, gagah, megah. Bahkan kelelawar pun tampak bergelantungan di dalam atap saat kami menyempatkan sholat subuh. Berada di sini menumbuhkan rasa syukur dan kagum, teringat kembali perjuangan para wali ketika bersyiar dan berdakwah mengenalkan agama Islam. Eh ya meski ada papan peringatan dilarang berjualan tetapi tetep loh beberapa orang diam-diam menawarkan buku cerita tentang Sunan Kalijaga dan WaliSanga. Para penjual ini memasang tarif sendiri meski pas nawarin mereka berkata “infaq seikhlasnya”, jangan asal terima tapi tanyakan dulu harganya berapa.

img_6448

3. Makam Sunan Kalijaga

Bagi kami Sunan Kalijaga paling mudah diingat dari sembilan wali. Masa lalunya yang kelam namun berubah total ketika telah memeluk Islam menyimpan hikmah bahwa hidayah bisa datang pada siapa saja yang dikehendakiNya. Untuk memasuki makam utama sang wali harus melewati lorong dengan kios para pedagang di kanan kiri. Barang-barang yang dijajakan beragam, mulai dari suvenir berupa tasbih hingga busana muslim. Harganya pun cukup murah. Di kompleks makam Sunan Kalijaga terdapat makam para panglima kerajaan Demak dan ada juga makam Arya Penangsang. Perlu diingat bahwa saat memasuki kompleks makam sandal dan sepatu harus dilepas sehingga banyak anak-anak menjajakan tas plastik untuk membawa sandal dan sepatu para peziarah. Lantunan dzikir dan bacaan ayat suci yang didengungkan peziarah mampu menciptakan suasana syahdu.

img_6427

Tiga obyek wisata tersebut bisa dikunjungi dengan mudah. Jika ingin berkunjung ke tempat wisata rohani lagi silahkan meneruskan perjalanan ke makam Sunan Kudus di kota Kudus. Belajar sejarah, beribadah dan menenangkan hati gelisah bisa dilakukan dengan memadukan rekreasi dengan obat hati.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top