Inspirasi

3 Blogger Pontianak Ini Ngaku Berat Jadi Blogger Profesional, tapi Mereka Punya Cara Asyik Menjalaninya

Siapa saja sangat bisa menyebut diri  sebagai blogger. Bermodal punya blog (dulu di blogspot) dan bisa menulis yang kadang cuma curhatan,  kamu sah-sah saja mendeklarasikan diri sebagai seorang blogger. Asalkan kontenmu tidak hoax dan bermuatan SARA-radikalisme, blog kamu aman dari bredelan Kominfo.

Dengan  ngeblog suka-suka ini, lalu kamu PD daftar ke event-event, menghadiri undangan dan ngarep dapat rupiah serta keuntungan lainnya, hmmm..sepertinya harus dipikirkan lagi.

Tidak semua brand dan agensi bisa menerimamu. Termasuk MB Communication, yang sejak 3 tahun terakhir bekerja sama dengan blogger untuk kebutuhan promosi dan branding, menyeleksi cukup ketat . Tak hanya kualitas konten, tetapi juga kesehatan blog, skill SEO dan sikap profesionalisme blogger terhadap hak dan kewajiban selama menjalani ketentuan yang disepakati bersama.

Duh, jadinya serius ya hehe..Memang ketika blogger dilakoni sebagai profesi, tak bisa main-main. Ada timbal balik yang saling menguntungkan, disamping hak dan kewajiban.  Hubungannya tak ubah seperti pemberi dan penerima kerja. Blogger siap “menghargai” dirinya dengan kompensasi yang pantas atas jasa kreatif mereka. Pun brand atau agensi harus dapat menghargai blogger dengan baik. Apalagi saat ini, era digital makin memberikan ruang luas bagi profesi blogger tampil maksimal.

Tak dipungkiri, euforia blogger sedang menggejala. Peran blogger sebagai mitra promosi, branding dan mitra bisnis online kian dibutuhkan. Berbagai komunitas blogger tumbuh sehingga memudahkan brand mencari blogger yang  sesuai dengan kebutuhan di daerah tertentu.

Peserta Kopdar SEO Webmaster From Zero to Hero yang diselenggarakan oleh Pontanak Creative, 4SEO dan MB Communication, di Whats Up Caffe Pontianak, 5 Agustus 2018.

Pontianak salah satu diantara kota di Indonesia yang memiliki blogger-blogger berkualitas dengan kemampuan multitasking. Tak hanya menulis, mereka pandai pula  memotret, mendesain, merancang konten kreatif di akun medsos, membuat video, bahkan menjadi model untuk video yang dibuatnya sendiri.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh anak-anak muda Pontianak tersebut sangat masuk akal jika ibu kota Kalbar ini masuk 10 kota ekonomi kreatif nasional dari Bekraf.

Sungguh merasa beruntung, MB Communication dapat berkolaborasi dengan Pontianak Creative dan 4SEO yang dibentuk oleh ahli SEO yang disegani, Moh.Sahlan alias Qbenk Raflesia.

Kopdar SEO Webmaster  From Zero to Hero ketiga adalah salah satu bentuk program kolaborasi MB Communication bersama Pontianak Creative dalam mendebutkan potensi-potensi blogger muda yang open minded untuk berkarya lebih baik.

Bertajuk Menjadi Blogger Profesional, Kopdar yang dihadiri hampir 40 peserta ini membahas topik hangat di kalangan dunia perbloggeran : blogger sebagai hobi atau profesi, dan sudahkah blogger merasa merdeka. Dan nyatanya yang terjadi bukan sekedar hobi atau profesi, tetapi seberapa komit blogger menjalani kegiatan berbaginya di blog dan bertanggung jawab penuh ketika ada yang menawarinya kerja sama.

Bagaimana 3 blogger ini menyikapi wacana tersebut ?

  1. Edo Tazki Prasita

Menurut cowok yang mengaku Leeminho KW ini, menjadi blogger profesional itu tidak mudah. Apalagi kalau sasarannya bisa mendapatkan uang dari ngeblog, butuh proses yang harus dijalani dengan ekstra sabar.

Berhasilkah Edo ? Yang pasti ia berhasil bertemu saya di kopdaran hehe setelah hampir setengah tahun kita hanya bercengkrama lewat grup-grup maya. Dan, saya merasa beruntung bertemu ketua Komunitas Blogger Pontianak (Buda Blogger) ini. Karena ternyata doi adalah artis nasyid ngehits Tazki Acapella. Namanya cukup termasyur di Pontianak sebagai selebriti.

Selama bertemu, doi memang lebih suka menceritakan kesibukannya sebagai artis  yang manggung dari satu hajatan ke hajatan lainnya. Belum lagi  tampil di sejumlah acara perusahaan. Pembawaannya yang supel dan pandai berakting rupanya  menjadi jalan pelicinnya hingga berhasil  dilirik produser untuk membintangi film layar lebar bersama selebgram Pontianak.  Katanya, tahun ini siap dirilis di bioskop.

Di sela-sela kesibukannya itu, asap dapurnya juga dioptimasi dari usaha percetakan sablon dan souvenir Kalimantan. Edo yang pandai membuat desain grafis ini  mengajak adiknya  mengelola sejumlah akun instagram dengan ribuan follower. Siap digunakan untuk mensyiarkan berita baik yang bikin hati bahagia.

Lantas, bagaimana statusmu sebagai blogger ? Senyum meringisnya seolah menyemburatkan arti :

“Niatkan menulis itu untuk berbagi hal yang positif. Apalagi kalau tulisan kita dibayar, harus dilakukan sepenuh hati.  Pantang  dibuat asal-asalan atau sekedar jadi. Sehingga brand tidak kapok dengan kita dan mau memberikan job lagi,” ungkap Edo yang rajin membangun networking dengan sejumlah blogger di luar Kalbar.

Edo juga menekankan, blogger  harus punya jati diri yang “gue banget”. Meskipun diberikan tulisan placement yang tinggal plek di posting. Alangkah lebih baiknya jika blogger bisa mengkreasikannya lebih menarik.  Kreativitas tersebut adalah identitas blogger.

Memodifikasi tulisan placement memang tidak mudah dan butuh effort dalam menentukan angle dan menyusun kata-kata yang tepat. Bagi sebagian blogger hal tersebut dipandang buang waktu, toh feenya juga sama dengan yang tinggal plek. Akhirnya, harus diakui, nilai tambah blogger menjadi tidak ada.  Keunikan blogger memudar dengan job content placement.

Brand atau agensi seperti MB Communication misalnya, sangat welcome jika bloger berkenan memodifikasi, apalagi menambahi dengan foto-foto atau grafis yang menarik, asalkan tetap pada jalur yang disepakati. Bukan tidak mungkin, effort teman-teman akan membuka peluang bagi brand-brand lain untuk bekerja sama. Perlu diketahui, brand atau agensi ketika menyeleksi blog, suka memperhatikan konten-konten yang sudah diposting. Nah, disinilah kamu berkesempatan mengajukan daya tawar lebih.

2. Ero Pradolly Prasitha

Pemilik blog www.omgoegel.com ini rupanya masih saudaraan dengan Edo. Keduanya memang anak muda tanah Borneo yang membanggakan. Super produktif dan begitu humanis. Hampir sama dengan Edo, menjadi blogger profesional butuh proses dan tahapan yang harus dijalani dengan kesabaran tinggi.

Terutama kesabaran dalam menjaga rutinitas mengupdate blog dengan konten  menarik dan disukai pembaca. Ero mengibaratkan blog  sebagaimana restoran yang menyajikan banyak pilihan menu  bagi pengunjungnya. Si empunya blog harus lihai memasak tulisan yang sedap dikonsumsi nalar dan hati.

Jangan membuat pengunjung kecewa saat datang dengan ketidaksiapan pemilik resto menyajikan menu baru yang enak setiap saat. Alangkah bahagianya jika menu yang kita sajikan bernutrisi tinggi sehingga membuat yang menyantapnya sehat dan bahagia.

Fokus pada niche blog kita mau dibawa ke mana : travelling, kuliner, lifestyle, otomotif, teknologi gajet dan sebagainya. Dengan  fokus pada niche atau tema blog, kita pun akan lebih mudah memahami karakter dari pengunjung blog  dan menentukan informasi yang mereka sukai dan tidak.

Selama kurang lebih 2 tahun, Ero membangun blog yang terkonsep dengan rapi sehingga banyak dikunjungi. Bermula dari ngeblog yang cuma buat menumpahkan isi hati, kini disulapnya menjadi blog yang informatif tentang wisata, sejarah dan yang berkaitan dengan profesinya. Ia senang dengan komen-komen yang mampir di blognya. Adrenalinya terus terpacu untuk membuat postingan yang bagus.

Sampai suatu ketika ia diundang oleh Sarawak Tourism Board  dan Air Asia liputan traveling  ke beberapa destinasi wisata di Malaysia. Pengalaman yang sungguh berharga dan inspiratif  diceritakan kepada blogger lain.

Kendati sudah merasakan manfaat finansial, networking, dan persahabatan, Ero mengaku belum bisa sepenuhnya menjalani kegiatan sebagai seorang blogger. Baginya, blogging masih sekedar hobi yang berbonus materi.

Sehari-hari, Ero banyak mengerjakan pekerjaan kreatif yang sesuai dengan passionnya seperti videografer, video editor, desainer grafis,  programer, fotografer dan pedagang.

Namun begitu, yang penting menurutnya, blogger entah itu sebagai hobi dan profesi, harus dijalani dengan penuh tanggung jawab. Hak kita memang menulis apapun di blog yang kita miliki. Tetapi sebagai mahluk sosial, tidak bisa dilepaskan dari interaksi dengan orang lain yaitu pembaca kita.

Hargailah asasi mereka dengan menyajikan informasi yang berdasarkan riset atau sumber yang valid jika kita tidak mengalaminya.  Tidak menyebarkan berita-berita hoax yang tidak jelas sumbernya dan menimbulkan kericuhan. Jangan bangga dengan banyaknya jumlah pengunjung jika informasi yang ditulis adalah hoax. Sama saja itu pembohongan publik dan mengurangi keberkahan ngeblog kita. Kita menjadi blogger yang tidak bisa dipercaya.

3. Dony Prayudi

 

Tanpa bermaksud membandingkan, saya menilai Dony lebih serius dan matang menjalani dunianya sebagai blogger. Sepertinya, blogger sudah menjadi passion yang digelutinya penuh komitmen. Pehobi  jalan-jalan dan kulineran ini menumpahkan pengalamannya dalam blog www.tukangjalanjajan.com dan www.ranseldony.my.id.  Tujuannya simpel, memberikan informasi yang bermanfaat agar pembacanya mendapatkan kemudahaan ketika travelling dan kulineran.

Dari seği usia,  Dodon Jery – panggilan akrab Dony memang  lebih senior. Mengutip dari postingan blognya, ia  sudah berbagi pengalaman jalan-jalan di blognya sejak 10 tahun lalu, tanpa memahami yang dilakukannya tersebut adalah blogging. Sampai seorang teman menyebutnya begitu.

Hingga suatu ketika, investasi kebaikan itu bertandang kepadanya.  Ia diundang menghadiri   peresmian sebuah hotel bintang lima di Kuala Lumpur, Malaysia. Betapa bahagianya mendapat kabar tersebut. Biasanya bekpekeran, tiba-tiba harus menikmati perjalanan ala traveller mahal : menginap di hotel mewah gratis, menikmati kulineran enak bintang lima, full transportasi difasilitasi pengundang. Plus uang saku beberapa lembar dolar.

Dari situlah ia mulai termotivasi  dan berupaya keras bagaimana agar tidak mengecewakan pengundang  dan pastinya pembaca setia blognya. Menganut pola ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), Dony belajar membuat review hotel yang bagus. Tidak sekedar itu, ia mulai mendalami teknik fotorgrafi untuk mendapatkan kualitas foto yang baik.

Blogger  profesi atau sekedar hobi itu memang pilihan.. Baginya, apapun baik sebagai hobi maupun profesi, sudah merupakan panggilan hati untuk memberikan kualitas terbaik, minimal untuk pembacanya. Karena itu, pantang baginya menulis sembarangan di blog. Menulis di blog sama halnya dengan  investasi dan reputasi.

“Blogger tidak bisa seenaknya menulis karena akan berhubungan langsung dengan keberlangsungan kerjasama atau tawaran pekerjaan berikutnya,” tandasnya

Soal blogger profesional menurutnya sudah otomatis dilakukan jika ingin dinilai secara profesional. Blogger harus memahami etika profesi baik tertulis maupun tidak.

Di tengah ramenya blogger-blogger yang berhasrat dipetik brand atau agensi,  Dony mengamini adanya kompetisi yang lumayan ketat di kalangan blogger. Hal yang wajar saja, karena adanya gula, pasti dibanjiri semut dari berbagai arah.

Positifnya, kompetisi ini menjadi tantangan untuk banyak berbenah menuju profesionalisme blogger. PR-nya masih banyak. Selain telah disebutkan di atas, blogger harus mampu pula memasarkan dirinya melalui personal branding yang tepat. Sebarkan kebaikan yang kita tulis di media sosial atau media lainnya, itu akan mengukuhkan personal branding blogger sehingga begitu orang ngomongin jalan-jalan, yang diingat adalah kita, misalnya.

Bagaimana supaya blog dan personal branding blogger bisa populer, skill menulis yang disukai mesin pencari pun menjadi mutlak. Google adalah lapak postingan kita yang utama. Logikanya, orang mencari informasi kebanyakan melalui google, nah jika postingan kamu yang udah super bagus ditulis, namun kenyataannya  tidak terindeks mesin pencari, percuma juga kan.

Lantas ada blogger berseloroh…Ah saya mah ga pake SEO-SEO-an, trafik pembaca blog saya sudah banyak. Syukurlah kalau kita sudah menjadi selebriti blogger, artinya pembaca kamu selalu datang dan membaca postingan rutin di blog.

Memang, pembaca blog bisa datang dari mana saja, tidak harus selalu dari mesin pencari. Bagi kamu yang sudah punya pembaca setia atau aktif di medsos sah-sah saja  menjaring pembaca dari sana. Tetapi, alangkah lebih bagus jika blogger bisa memperluas jaringan pembaca dan pertemanan. Hitung-hitung memberikan kebermanfaatan lebih kepada pembaca.

baca juga : Manfaat Menjadi Seorang Blogger

Sebagai agensi SEO Digital Marketing dan Cyber PR, MB Communication mensyaratkan setidaknya blogger yang diajak kerja sama minimal dapat menguasai skill dasar SEO (On Page SEO). Kalaupun ternyata ditemui Mitra Blogger yang belum memahami skill optimasi, MB Communication kerap mengadakan coach SEO baik offline dan online untuk membimbing blogger sampai bisa. Mitra Blogger bisa mengetahui agenda SEO Coaching kami di instagram @indoblognet dan @mbcommunication.

 

Dony percaya sesungguhnya faktor kualitas tak pernah mengkhianati hasil. Dari pengalamannya memberikan yang terbaik kepada brand, ia banyak mendapatkan kepercayaan kerja sama review produk.  Soal fee…? bisa dibicarakan, katanya. Yang pasti, ia tidak akan mengecewakan brand atau pemberi kerja.

Terima kasih atas partispasinya memberikan inspirasi tentang Menjadi Blogger Profesional yang Merdeka. Semoga apa yang telah Mitra Blogger tuangkan di blog bisa menjadi jalan kebaikan yang senantiasa diberkahi Tuhan : Menjadi Blogger Sukses Indonesia.

Kita tak pernah tahu, amalan kebaikan mana yang bisa mengantarkan ke surga. Boleh jadi amalan yang  tidak disadari kita tulis di blog, sekedar memberi tahu ada tempat tambal ban bocor..ternyata membuat kita naik derajat di mata Tuhan. Salam berkarya dan bahagia Mitra Blogger dimana pun berada 🙂

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Effective Ways To Make Your Content EASIER TO READ 😍
.
Guys, what’s a better way to motivate audience to read through your entire post? SCANNABLE content!
.
That means you need to organize your content in a clear and easy-to-read format to keep your readers engaged, regardless of its length 😉
.
HOW-TO: MAKE YOUR CONTENT SCANNABLE?
.
⏺ Use SUBHEADINGS
.
Put it simply, subheadings make your visitors want to scroll downwards, which is something that you want them to do whenever they are on your blog, right? 🙈
.
⏺ Keep Your Paragraphs SHORT
.
Have you noticed how most newspapers tend to break down their articles into bite-sized chunks? Because shorter paragraphs help readers to digest information faster which encourage them to read more
.
⏺ Use LISTS
.
Using lists can make your content look more sophisticated and more appealing. List gives your readers a visual break. Splitting up large blocks of text into smaller chunks allow your readers to rest their eyes 🤓
.
⏺ Use High-Quality VISUAL Aids
.
It's a great trick to interrupt your readers while keeping them a little more interested. People tend to remember things easily when they are presented visually ❤
.
⏺ HIGHLIGHT Important Points
.
Whenever you want to let your readers know about a few important points, don’t be afraid to highlight those by using bold and italic font faces
.
⏺ Use Readable FONTS
.
Yes, fonts do matter. They can affect the “look and feel” of your posts
.
Credit: twelveskip.com
.
📧 For business inquiries please email us to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top