Indo Blog Net

Kuliner

10 Camilan Indonesia yang Ternyata adalah Jejak Kuliner Belanda

kroket

Indonesia memiliki banyak sekali jenis camilan yang lezat. namun ternyata beberapa camilan Indonesia merupakan warisan kuliner Belanda.

Bagikan Jika Bermanfaat

Saat arisan, lebaran, hajatan, bertamu ke rumah orang, atau ngemil sendirian, seringkali kita menikmati kue-kue yang bagi kita sudah sangat familiar. Kita tahunya camilan itu ya camilan khas Indonesia.

Tapi, tahukah kamu kue itu barangkali punya sejarah yang unik? Mungkin ia berasal dari belahan dunia lain dan dibawa oleh para perantau ke Indonesia.

Bukankah Nusantara dulu didatangi oleh orang dari berbagai penjuru dunia seperti Arab, Tiongkok, Jepang, dan Eropa. Mereka itu ada yang meninggalkan jejak kuliner, lho.

Camilan Indonesia Warisan Kuliner Belanda

Salah satunya yang terserap dan menjadi bagian kuliner Indonesia adalah kuliner Belanda. Contohnya adalah camilan-camilan berikut ini.

Kroket

Camilan ini terkenal di Indonesia dan sering hadir untuk sajian berbagai acara seperti rapat, arisan, dan pernikahan. Sejauh yang saya tahu, di Belanda juga disebut kroket atau kroketten jika jumlah kroket lebih dari satu.

Kroket sangat populer di Belanda bahkan dijual juga di vending machine. Kroket sering disajikan dalam menu makan utama. Sedangkan saudaranya bitterballen (kroket berbentuk bulat kecil-kecil), sering disajikan sebagai camilan.

Kastengel

Kastengel adalah kue kering berkeju berbentuk persegi dengan rasa asin gurih. Kata kastengel berasal dari kata Belanda Kaasstengel, kaas artinya keju, stengel artinya batang. Di Belanda kaasstengel terbuat dari puff pastry dan di atasnya diberi keju, bentuknya tidak serapi versi Indonesia.

Meises

Anak kecil sampai orang dewasa banyak yang suka meises. Butiran coklat yang warnanya tidak hanya coklat ini sering kita jumpai di kue donat, terang bulan, es krim, dan lain-lain.

Makanan manis ini diperkenalkan ke Nusantara oleh Belanda. Di Belanda disebutnya hagelslag, di sana orang dewasa biasa menaburi roti mereka dengan hagelslag. Seperti kita di Indonesia ya, kalau sarapan roti tawar juga ditaburi meises.

Klappertaart

Kue khas Manado ini merupakan perpaduan kuliner lokal dengan kuliner Belanda. Nama klappertaart adalah bahasa Belanda yang berarti kue kelapa. Jelas sekali terlihat penggunaan kelapa diambil dari kuliner lokal.

Kue Cubit

Kue bulat kecil-kecil ini mudah dijumpai di Jakarta, sering dijual di sekolah-sekolah. Terbuat dari terigu dan susu, sekarang berkembang menjadi beberapa varian seperti rasa keju, rasa coklat, dan rasa green tea. Seringkali kue cubit ditaburi meises di atasnya.

Di Belanda kue ini disebut poffertjes, terbuat dari ragi dan tepung gandum kuda/soba/buckwheat. Bentuknya mirip dengan kue cubit, seperti pancake mini. Biasanya dimakan dengan gula bubuk dan mentega.

Speculaas

Biskuit ini baik di Belanda sana maupun di Indonesia dikenal dengan nama yang sama, speculaas. Ia juga dikenal di Belgia dan sebagian wilayah Jerman. Di Belanda sebelum dipanggang biasanya adonan distempel dengan gambar-gambar tertentu, tapi di Indonesia sepertinya hal itu ditinggalkan.

Kue Busa

Nama Belandanya schuimpjes, di Indonesia ada yang menyebutnya dengan kue busa dan ada juga yang menyebut nama aslinya, schuimpjes. Kue manis ini dibuat dari putih telur dan gula, mempunyai varian rasa moka dan lemon. Kuenya ringan dan jika digigit gampang lumer di mulut.

Kalian pernah makan biskuit bulat kecil-kecil dan di atasnya ada gula warna-warni? Nah, seperti gula beku itulah schuimpjes.

Lidah Kucing

Kue kering yang renyah ini namanya didapat dari terjemahan nama asli kuenya, kattentongen (lidah kucing). Bentuknya memang mirip lidah kucing, tipis dan panjang. Resep versi Belanda dan Indonesia kurang lebih sama, cuma di Indonesia ada berbagai varian rasa seperti kopi, keju, rainbow, dan kacang.

Kacang Telor

Kacang berbalut tepung yang krispi ini banyak yang suka. Di Belanda namanya borrelnootjes, rasanya bervariasi ada yang asin, rasa herbal, dan pedas. Nama lainnya adalah knabbel noten. Seperti di Indonesia di Belanda juga dijual dalam kemasan.

Lapis Legit

Lapis legit juga dikenal dengan nama spekkoek, kue ini tercipta saat masa kolonial Belanda. Kemungkinan merupakan modifikasi dari spit cake Eropa, kue yang juga terdiri dari lapisan-lapisan.

Digabungkan dengan rempah lokal seperti cengkeh dan kayu manis, kue ini lambat laun menjadi bagian dari kuliner Indonesia. Di Belanda pun, kue ini masih sering dikonsumsi.

Selain 10 camilan di atas sepertinya masih ada kue lain yang asalnya dari kolonial Belanda. Apakah kamu tahu jajanan lain yang merupakan jejak kuliner Belanda? Kasih tahu di komentar ya, nanti bisa ditambahkan di tulisan ini biar makin lengkap.

Purwanto

SEO at Pambarep
Pekerja SEO yang suka sejarah kuliner dan perlahan berusaha menjadi full time blogger.

Latest posts by Purwanto (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • The Best BUSINESS MINDSET For Success Every Entrepreneur Should Have In 2019 💰💸
.
Guuuys, you should know that it takes a couple more mindset or perspectives to become a SUCCESSFUL entrepreneur this year 🎉
.
1⃣ Self-Belief
.
The first person you need to BELIEVE in is yourself. You have to believe that you have the skills and resources to make the business work, and you will 😍
.
2⃣ Step out of the Box
.
Don’t be afraid to be different, to go beyond the usual. Entrepreneurs who know they have something UNIQUE to offer have a significant advantage over their competitors
.
3⃣ The Growth Mindset
.
The Growth Mindset is all about THINKING that there’s more than you can do.  If you want to be successful, you should look at success as a journey rather than a destination 💪💪
.
4⃣ Get Cozy with the Uncomfortable
.
If you are engulfed by fear and it holds you back, you’ll never have a way to test your capabilities. Don’t be afraid to try out newer, bolder, more challenging things
.
5⃣ There’s Solution A-Z
.
Like most things in life, not everything in your business will run according to plan. Remember, if plan A doesn’t work, you have plan B, C until Z, haha 😜
.
6⃣ Laugh at Yourself
.
Business is a serious matter, but what have you got to lose if you try to be silly once in a while? If something goes awry, solve it and then laugh at it
.
Not everything in your business has to be perfect to a tee, but you can always LEARN FROM your FAILURES and laugh at your mistakes. Spread positivity with your smiles and laughter ❤
.
Credit: 3stepsright.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top