Digipreneur Scale up

Belajar Foto Produk dan Marketing Online di Workshop One Day Shoot Kriya Cantik Bekasi

Sudah menjadi kebutuhan, di era digital saat ini pebisnis dituntut “melek digital”. Gajet sudah 24 jam  begitu menyatu dalam kehiduan sehari-hari.  Google Indonesia pernah mensurvey di lima kota besar di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya pada periode Desember 2014 – 2015, diketahui ternyata rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu selama 5,5 jam per hari di layar ponsel pintarnya. Biasanya mereka nongkrongin ponsel saat sore hingga malam hari. Pengguna selain aktif berjejarin sosial, mencari informasi, juga berbelanja online.

Ya, tren belanja online kini memang menaik, seiring dengan tingkat semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kenyamanan dan kemanan transaksi belanja online. Pun dengan fitur-fitur smartphone layar lebar dengan berbagai apilikasi yang mempermudah pengguna mengakses berbagai situs belanja online dengan mudah dan nyaman.

Kondisi ini tentu saja satu sisi memberikan angin segar bagi pebisnis online atau UKM untuk menyuguhkan produk terbaik kepada konsumen secara kualitas, layanan, dan penampilan yang menarik secara visual sebagai modal pikat pertama. Meski banyak teknik grafis atau apps editing foto yang seolah memberikan efek kamuflase, tetapi dalam bisnis online hal tersebut sebaiknya tidak kita lakukan. Tampak bagus di foto tidak sesuai kenyataan. Belum lagi soal etika berjualan, dan pemilihan media yang sesuai untuk produk yang ingin ditawarkan.

Intinya dalam berbisnis adalah bagaimana dapat memelihara hubungan dengan konsumen jangka panjang karena kepercayaan akan kualitas.  Di media sosial, kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut pun makin kuat  Baik atau cacat sedikit saja  produk yang  dibeli  konsumen, dalam tempo cepat bisa tersebar di medsos, menjadi pembicaraan di publik yang tak jarang berujung pembulian jika nyatanya produk atau pelayanan mengecewakan.

Kriya Cantik Bekasi terus berkarya dalam cinta.

Berangkat dari permasalahan inilah, MB Communication bekerja sama dengan Komunitas crafter Kriya Cantik Bekasi mengadakan workshop bertajuk “One Day Shoot Great Strategy for Online Business Marketing pada 8 April 2017 di Bekasi.

Komunitas Kriya Cantik Bekasi memiliki lebih dari 100 anggota yang aktif dan kreatif menciptakan aneka produk handmade. Tidak sedikit dari pelaku UKM Kriya Cantik Bekasi  memasarkan produknya secara online di media sosial maupun marketplace. Mereka sadar, produk yang bagus ketika dipromosikan harus dalam visualiasai  yang  baik sehingga menarik konsumen dan terjalin relasi jangka panjang. Selain itu, mereka harus cermat menyusun bujeting dan membuat startegi pemasalan online yang efektif dan tepat sasaran. Meski promosi lewat media sosial tergolong murah dan berdampak besar, tetapi tetap harus diperhitungkan modal yang harus disiapkan sehingga bisa memberikan hasil maksimal.

Workshop ini  difasilitasi oleh Boni Bode Febrianda,  Sydney based photographer yang ahli di bidang   fashion, lifestyle, food, dan commercial. Sejumlah kliennya diantaranya, Coca-Cola, P&G, Nike, Marcedes-Benz, dan Fashion Week Australia. Sedangkan untuk digital marketer, kami menghadirkan Feri Ferdiansyah. Sehari-hari Feri  berprofesi sebagai  Account and Marketing Communication Manager Sygma Media Inovasi,  aktif mengelola bisnisnya sebagai analis marketing dan penulis di berbagai media.

Pada materi ‘how to make great photo product by smartphone’, Bode akan menjelaskan tips menampilkan foto produk yang menjual, analisis kasus yang sering terjadi di bisnis online, prinsip yang harus ditampilkan dalam foto untuk bisnis online, serta ditutup dengan simulasi dan praktik. Sementara pada materi ‘low-budget high-impact marketing techniques’ Feri akan menyampaikan etika berjualan online lengkap dengan analisis kasusnya, strategi pemilihan media yang tepat untuk promosi dan marketing, teknik optimalisasi budget untuk promosi dan marketing. Terakhir, peserta langsung diberikan simulasi praktek.

Setelah mengikuti workshop ini diharapkan peserta dapat mengetahui tehnik memotret produk dengan smartphone yang baik dengan mengenali target market yang tepat. Peserta juga dapat memahami etika berjualan online yang bijak di media sosial, membuat rencana, strategi promosi yang tepat sasaran di media sosial, serta optimalisasi bujeting sehingga bisa memberikan dampak sesuai yang diharapkan.

Tak kalah penting, dalam workshop ini, peserta dapat memahami konsep kolaborasi dan saling mendukung kemajuan bisnis terkait (sharing economy). Tidak berjalan sendiri-sendiri seperti yang banyak terjadi di kalangan UKM kita, sering tidak siap supply karena keterbatasan stok, modal, bahan baku dan sebagainya. Jika adanya kebersamaan, Insya Allah masalah klasik tersebut bisa teratasi, dengan masing-masing saling mencukupi.

Workshop ini  dimeriakan dengan aneka kuis  dan lomba  foto produk melalui media sosial.  Obyek foto dapat merupakan  produk-produk mereka sendiri dan sponsor.  Agar hasil foto maksimal,  peserta dapat membawa properti masing-masing dan  perangkat pendukung seperti tripod.

Sebagai bentuk keberlanjutan program, kami akan membuat grup alumni workshop di Facebook. Grup tersebut menjadi ruang komunikasi dan konsultasi terkait foto produk dan marketing yang langsung dibimbing oleh narasumber workshop. Grup ini berfungsi juga sebagai ruang untuk sharing demi kemajuan bersama. Tertarik mengikuti workshop One Day Shoot? Segera daftarkan diri Anda di http://bit.ly/OneDayShoot

Editor : Kartina Ika Sari

Ignasia

Saya Ignas, hobi membaca dan menulis. Bagi saya, setiap hari adalah kesempatan baru untuk mempelajari hal-hal menarik.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Sosial profil kita di sosmed bisa jadi referensi para perekrut untuk melihat "sebaik" apa sih, kamuuu 😉 Yup, karena apa yang kamu tampilkan di sosmedmu, bisa memberi gambaran seperti apa dirimu.. .
.
.
#indoblognet #mbcommunication #sosialmedia #viral #trending #popular #socialprofiles

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top