Wisata

Abhirama, Taman Keluarga di Tengah Kota

Liburan sekolah tapi nggak punya cukup dana untuk jalan-jalan berwisata ke tempat yang jauh? ngga perlu sedih dan merana. Ada saja jalan menjadikan liburan lebih bahagia. Setelah piknik tipis-tipis ke Pantai Bentar tempo hari kami berusaha mencari cara berwisata murah meriah. Kali ini tujuannya cukup tempat rekreasi di dalam kota yaitu Taman Abhirama.

Keberadaan taman bermain ini bisa dibilang relatif baru di Sidoarjo. Taman tersebut berada wilayah lingkar barat Sidoarjo, tepatnya di sisi timur laut Perumahan Pondok Jati. Jaraknya hanya beberapa meter saja dari Jalan Raya Ponti. Uniknya meski terletak tak jauh dari pusat kota tetapi berada di Taman Abhirama segala kebisingan dan teriknya udara tak terasa. Mungkin karena tmaan ini dipenuhi pohon-pohon rindang dan air mancur di bagian tengah danau buatannya memancarkan kesejukan.

abhirama5
Di hari-hari libur sekolah taman yang dikelola Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo ini dipenuhi pengunjung. Fasilitas publik berupa taman kota dan taman bermain bagi anak-anak memang jarang ditemui di kota-kota besar saat ini, apalagi yang tiket masuknya gratis dan suasananya nyaman. Tidak mengherankan jika Taman Abhirama menjadi favorit warga Sidoarjo yang tak “kemana-mana” saat liburan tiba. Hanya membayar karcis motor (jika membawa kendaraan bermotor roda dua) sebesar dua ribu rupiah para pengunjung bisa menikmati suasana teduh, rindang dan udara segar.

Di area taman dapat ditemui bangku-bangku berbentuk melingkar di bawah naungan pepohonan. Rindang, teduh, nyaman. Cocok sekali untuk kongkow bareng keluarga atau bareng teman-teman sebaya. Coba bayangkan bercengkrama sambil menikmati kudapan khas rumahan. Piknik ala-ala selebriti di obyek wisata mahal lewaat daah (maksudnya lewat mana aja asal ada duitnya) Bukankah kebahagiaan itu ditemukan dalam hati, nggak perlu memendam iri hati jika belum mampu jalan-jalan ke luar negeri?

abh

Pengunjung dari segala usia bisa menikmati suasana di taman ini. Di bagian tengah taman terdapat berbagai jenis mainan publik untuk anak-anak. Ada ayunan, permainan perosotan atau pengayuh kaki yang sekikas dilihat seperti alat peraga di gymnastium itu loh, yang alasnya bisa bergerak sendiri heheheh (duh ndeso karena ga ngerti namanya)

abhirama4

Obyek foto-foto yang instagrammable juga bisa ditemui di Taman Abhirama. Ini nih Raditya paling suka naik miniatur kereta kuda sambil membayangkan jadi kusirnya. Tuk tik tak tik tuk tik tak suara sepatu kuda. Etapi patuhi peraturan ya bahwa miniatur andong ini hanya untuk anak-anak. Kalau emak bapak ikut naik bisa ambles nih kereta.

abhirama3

Bersebelahan dengan miniatur kereta kuda ini terdapat minatur rumah yang juga bagus untuk obyek fotografi atau selfie hehe. Di dekat pintu masuk ada lintasan dari batu-batu kecil, biasanya digunakan untuk terapi pijat telapak kaki. Dan di sekeliling taman dihias lampion dengan lampu warna-warni. Sepertinya bakal terlihat cantik di malam hari. Tetapi jam buka taman ini hanya sampai sore hari, sekitar jam 18.00, mungkin untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi di gelap-gelapan.

abhirama2

Di tengah danau terdapat anjungan dari kayu yang cukup luas dan bisa memuat beberapa orang. Sepertinya asik untuk tempat diskusi klub buku atau hobi merajut. Duduk-duduk saja bareng keluarga juga bisa. Jangan lupa bawa cemilan dan buku yang banyak jika berniat menghabiskan waktu di sini dalam waktu cukup lama.

Kalaupun tak sempat membawa cemilan di dalam lokasi taman ada kios yang menjual makanan ringan. Eh tidak hanya makanan ringan untuk pengunjung tapi kios ini juga menjual pakan ikan. Whaa asik banget kan kalau duduk di anjungan sambil memberikan pakan ikan?

Jadi ingat tiga atau empat tahun lalu saya pernah nyetatus di facebook: Pak Bupati tolong di Sidoarjo didirikan fasilitas taman kota dan bermain, masa kita kalah sama Yogyakarta. Eh sekarang impian dan harapan ini menjadi nyata. Kalau Yogyakarta punya Taman Pintar, Surabaya punya Kebun Flora dan Taman Prestasi , Sidoarjo bangga dengan Taman Abhirama.

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kemajemukan  adalah anugerah dan takdir terindah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Ini harus kita kelola dengan baik dalam komitmen yang sama sebagai bangsa merdeka untuk kemajuan negeri ini.

Founder Kader Bangsa Fellowship Program @kaderbangsafellowship Dimas Oky Nugroho Ph.D  @dimas_okynugroho mengajak generasi muda Indonesia untuk  turun tangan, ambil bagian  membangun kemajemukan untuk kesejahteraan dengan kerja sama, gotong royong dan kolaborasi. Merdeka !

Dirgahayu Republik Indonesia Merdeka 72 tahun !

Mari sebarkan pesan cinta Indonesia yang majemuk !

#mudakolaborasimerdeka #mudabersatumerdeka #mudakreatifmerdeka #mudakerenmerdeka #hutri72 #indonesiamerdeka72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top